Notification

×

Kode Iklan Disini

Label

Manfaat Serikat Pekerja

Apa itu serikat pekerja


Di dalam segala aktifitas pekerjaan sebuah perusahaan, sering kali muncul perselisihan bila terjadi antara pekerja dengan pimpinan perusahaan. Kita sering mendengar nama Serikat Buruh agar dapat membantu menyelesaikan permasalah tersebut, salaah satunya adalah pembuatan Perjanjian Kerja Bersama. .

Apa  dimaksud dengan serikat pekerja?
Berdasarkan ketentuan umum pasal ke satu Undang-undang Tenaga Kerja tahun 2003 no 17, serikat buruh/serikat pekerja merupakan organisasi yg dibentuk Dari, oleh, dan untuk pekerja baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yg bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak pekerja serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Sedangkan federasi serikat pekerja adalah bentukan Dari sekurang-kurangnya lima serikat pekerja. Dan konfederasi serikat pekerja merupakan gabungan Dari sekurang-kurangnya tiga federasi serikat pekerja. Kegunaan Dari pembedaan ini adalah supaya serikat-serikat pekerja ini memiliki kekuatan dan dukungan rule lebih besar Dari bantuan serikat pekerja lainnya. yg kemudian mempermudah usaha serikat pekerja di perusahaan untuk memperjuangkan kesejahteraan para pekerja.

Berita Online