Notification

×

Kode Iklan Disini

Label

10 cara belajar online efektif dan efisien, Serta Manfaat dan Keuntunganya

03/08/2022 | 17:36 WIB Last Updated 2022-08-20T00:32:54Z

Inilah 10 cara belajar online yang efektif dan efisien, serta dapat memberikan keuntungan dan manfaat yang lebih


Perkasa Online - Keuntungan belajar online saat ini mulai dirasakan oleh banyak pihak, terutama bagi orang yang diajarkan.

Belajar online atau yang juga dikenal dengan sebutan e-learning adalah salah satu metode proses belajar mengajar yang menggunakan internet dan perangkat teknologi digital dalam menyampaikan materinya.

Metode ini sekarang sangat populer dalam dunia pendidikan karena sejak pandemi Covid-19 menyerang dunia, kegiatan proses belajar mengajar dengan cara bertatap sangat dibatasi.

Hal ini dimaksudkan supaya bisa mencegah penularan Covid-19 dengan meminimalisasi kegiatan yang mengharuskan kita untuk bertemu banyak orang, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah atau tempat les anak.


1. Biaya Lebih Terjangkau

Keuntungan belajar online di rumah yang pertama adalah biayanya yang lebih terjangkau. Tentunya biaya yang Moms keluarkan saat belajar online di rumah adalah membayar pulsa paket supaya bisa menikmati jaringan internet yang akan digunakan untuk belajar.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan adalah biaya administrasi atau biaya untuk menyewa guru pengajar. Tapi Moms tak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi dan makan karena semua kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah secara online.

Tak hanya itu saja, biasanya akan ada diskon atau penawaran khusus untuk member dalam e-learning yang bisa Moms manfaatkan.


2. Dapat Diakses dengan Mudah

Salah satu keuntungan belajar online di rumah adalah proses pembelajaran bisa diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone, komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet.

Berhubung dapat diakses dengan mudah, anak bisa melakukan proses belajar di ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, hingga di tempat lain yang suasananya lebih nyaman.

Jadi bisa dikatakan kalau nantinya anak bisa berpindah-pindah tempat jika ingin mencari suasana yang nyaman untuk belajar.


3. Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Keuntungan belajar online di rumah yang paling banyak dirasakan adalah waktu belajar yang jauh lebih fleksibel jika dibandingkan belajar di sekolah secara tatap muka.

Waktu belajar pada pembelajaran online bisa dilakukan kapan saja karena biasanya akan ada pilihan waktu belajar yang bisa Moms pilih. Dalam satu kali pertemuan, akan dibutuhkan waktu mulai dari 1-3 jam saja. Tentu saja dengan begitu bisa menghemat banyak waktu.

Tak hanya itu saja, ketika melakukan proses belajar dengan cara tatap muka, kerap kali anak akan berpindah tempat dari satu ruang ke ruang yang lainnya seperti pada saat akan praktikum, belajar listening, dan lain sebagainya.

Apa itu serikat 


4. Wawasan yang Didapat Jauh Lebih Luas

Ketika belajar online di rumah, wawasan yang didapat anak bisa jauh lebih luas. Hal ini dikarenakan beberapa materi pelajaran pada e-learning masih ada yang belum tersedia di media cetak seperti buku fisik.

Buku fisik yang sering digunakan dalam metode pembelajaran konvensional hanya akan diperbaharui atau diupdate isinya selama beberapa tahun sekali.

Lain halnya dengan modul yang didapat dari belajar online, pengajar bisa lebih leluasa mengedit dan menambahkan informasi terbaru karena bentuk modulnya adalah digital, jadi tak perlu proses cetak mencetak yang ribet.


5. Lebih Personal

Keuntungan belajar online di rumah adalah proses belajar jadi lebih personal. Memang tidak semua tempat yang memberi pengajaran 1:1 alias satu murid dan satu guru.

Tapi setidaknya murid yang ada di dalam satu kelas tersebut jumlahnya sangat terbatas sehingga guru bisa lebih fokus pada siswa. Pemberian materi juga bisa lebih detail dan interaksi antara guru dan murid juga bisa lebih terjalin dengan baik.


6. Materi Pelajaran Bisa Disimpan

Sebenarnya keuntungan terbesar saat melakukan belajar online di rumah adalah materi pembelajaran yang bisa disimpan sehingga dapat diulang-ulang sesuka hati.

Hal ini dikarenakan materi belajar online haruslah didownload. Setelah didownload, anak bisa menyimpan dan membukanya kembali secara leluasa pada saat mereka butuhkan.

Pembelajaran yang menerapkan metode ini adalah yang bermodel Learning Manajemen System (LMS) dan model interaktif berbasis internet.


7. Bisa Lebih Menyenangkan

Ketika belajar online, suasana akan bisa menjadi lebih menyenangkan karena anak akan merasakan sensasi belajar yang berbeda dari biasanya.

Jika biasanya mereka harus datang ke sekolah atau ke tempat kursus, sekarang mereka bisa belajar dari rumah saja. Mengenakan baju seragam dan belajar di rumah akan menjadi pengalaman berharga yang nantinya akan mereka ingat hingga dewasa.


8. Bisa Lebih Mengembangkan Diri

Keuntungan belajar online di rumah yang lainnya adalah anak bisa lebih mengembangkan diri. Waktu belajar yang lebih singkat bisa membuat anak lebih mengeksplorasikan diri pada hal lain.

Ia bisa melakukan hal lain yang disukainya dan menggeluti hobinya dengan lebih leluasa. Dengan begitu, belajar tak hanya mencari ilmu saja, tetapi juga bisa mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada diri buah hati.


9. Ramah Lingkungan

Tahukah Moms kalau keuntungan belajar online di rumah adalah kita bisa mengurangi polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor.

Untuk mengantar dan menjemput anak sekolah dan les, tentu saja Moms harus menggunakan kendaraan bermotor. Selama anak belajar online dari rumah, hal tersebut tidak akan dilakukan lagi. Dengan begitu, udara yang ada di sekitar kita menjadi lebih bersih.

Selain itu, Moms juga bisa mengurangi penggunaan konsumsi kertas dari buku belajar. Jadi ramah lingkungan bukan?


10. Membuat Anak Melek Teknologi

Keuntungan belajar online yang terakhir adalah bisa membuat anak lebih mengenal teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Pasalnya, semua tools yang digunakan dalam belajar online pasti berhubungan dengan teknologi.

Misalkan saja untuk mengerjakan tugas, anak harus mendownload dan mengupload tugas tersebut, melakukan zoom, mengedit video tugas, rapat virtual, dan lain sebagainya.

Jadi mau tak mau, anak akan dipaksa untuk melek teknologi. Di sinilah letak keuntungannya. Baik itu guru maupun siswa akan sama-sama belajar untuk memanfaatkan teknologi yang ada.


Baca Juga : Belajar online dikala pandemi

Berita Online